Sulit Menabung? Ini Dia Cara Cerdik Menabung!

Belum terlambat bila kamu memutuskan untuk mulai menabung di usia 20-an. Usia ini adalah usia banyak orang mendapat penghasilan pertamanya sendiri…

Sulit Menabung? Ini Dia Cara Cerdik Menabung!

Belum terlambat bila kamu memutuskan untuk mulai menabung di usia 20-an. Usia ini adalah usia banyak orang mendapat penghasilan pertamanya sendiri. Namun sayang banyak pula yang belum memanfaatkan penghasilan ini untuk mulai menabung, mungkin karena sulit atau karena gaya hidup yang boros. Simak cara-cara berikut ini agar gaji kamu nggak lagi cuma numpang lewat tiap bulannya.

1. Tabung Uangmu Tepat di Tanggal Gajian
Saat paling tepat untuk menyisihkan uang gajian untuk menabung adalah tanggal ketika uang gajian sudah cair dan masih utuh di rekening kamu. Jika kamu menunggu lebih lama, apalagi hingga akhir bulan, risikonya besar uang gajian kamu akan duluan habis untuk berfoya-foya atau hal-hal di luar rencana lainnya. Dengan terpotongnya gaji kamu di awal, tentunya pengeluaran tak terduga seperti itu akan bisa lebih terkontrol.

2. Buat Rekening Khusus Tabungan, Lalu Gunakan Fitur Autodebet dari Rekening Gaji ke Rekening Tabungan Kamu
Satu fitur sangat berguna bagi pemilik rekening bank adalah fitur autodebetnya. Fitur ini memungkinkan rekening kamu untuk menyisihkan sebagian gaji bulanan kamu dan mentransfernya ke rekening tabungan kamu, semuanya secara otomatis di tanggal apapun sesuai kemauan kamu. Fitur autodebet ini bisa kamu aktifkan langsung di konter bank atau, jika kamu memiliki akun mobile banking atau internet banking, bisa kamu lakukan juga di rumah.

3. Gunakan Prinsip “50/30/20”
Prinsip “50/30/20” adalah prinsip yang digagas oleh ahli ekonomi Harvard Elizabeth Warren dan putrinya Amelia Warren Tyagi. Sederhananya, dalam prinsip ini kamu membagi gaji bulanan kamu menjadi tiga bagian, yaitu: 50% untuk memenuhi kebutuhan (needs); 30% untuk membeli yang diinginkan (wants); 20% sisanya untuk menabung.

4. Punya Uang Receh Sisa Jajan? Simpan Saja di Tempat Khusus!
Uang receh sisa jajanan sehari-hari bisa kamu manfaatkan juga untuk menabung. Semakin banyak dan semakin lama kamu menyimpan receh, terkadang jumlah yang dikumpulkan bisa menjadi banyak. Buatlah tempat khusus menyimpan receh dari, misalnya, kaleng atau mug bekas, dan sisihkan receh sisa jajananmu di sana.

————————
Semua packaging Wallts bisa digunakan ulang untuk menyimpan uang receh. Yuk, lihat katalog lengkap dompet yang colorful dan long-lasting di website Wallts!